Jumat, 12 November 2010

Menggunakan Search Engine Dalam mengakses Informasi

Menggunakan Search Engine dalam Mengakses Informasi dari Internet

Search engine memiliki tiga kompinen penting ;

a. Elemen pertama disebut laba-laba yang disebut juga crawler. Elemen ini mengerjakan akses ke situs-situs web,membaca isinya,dan mengikuti link-link yang terdapat pada situs.

b. Elemen kedua disebut indeks yang berisi salinan dari setiap situs yang dikunjungi elemen spider

c. Elemen ketiga adalah software search engine itu sendiri. Software ini memilah jutaan data dalam katalog yang berisi salinan halaman-halaman situs web dan mencocokkannya sesuai permintaan pengguna Internet.

Langkah-langkah untuk menggunakan search engine google ;

1. Buka browser internet explorer/mozzila firefox

2. Pada kotak address ketik www.google.co.id lalu enter sampai keluar pada gambar berikut

3. Ketik kata kunci yang dicari pada kotak search lalu enter.

4. Pilih link untuk informasi yang diperlukan

Search Engine adalah suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang dibutuhkan pengunjung internet. Untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan, pengunjung internet masuk ke situs tersebut dan melakukan pencarian. Website search engine yang terkenal adalah Google dan Yahoo.

Cara kerja search engine pertama-tama mencopy paste semua halaman website yang ada di dunia. Setelah data tersebut masuk kemudian diolah dengan algoritmanya sendiri. Saat pengunjung mencari data yang dibutuhkan, dengan algoritmanya dia menampilkan data sesuai yang dimasukkan pengunjung.

Search Engine akan berusaha mungkin menampilkan data yang paling relevan dengan yang diinginkan pengunjung. Berbagai kemungkinan data yang akan ditampilkan, dan search engine punya banyak pertimbangan yang dituangkan dalam algoritmanya.

Tujuan search engine sangat simpel yaitu menarik pengunjung baru ke situs anda, membuat web menjadi mudah ditemukan oleh “pengunjung yang tepat” serta mencoba menyelaraskan prospek dengan apa yang kita tawarkan.

Search engine bukanlah suatu cara agar kita dapat di list untuk semua keyword yang mungkin. Banyak orang berusaha untuk mendapatkan rangking search engine yang tinggi, untuk keyword sebanyak mungkin. Ini bukan saja pekerjaan yang sangat banyak, tapi juga membuang-buang waktu.

Listing untuk keyword sebanyak mungkin bukan sesuatu yang penting. Yang penting adalah website anda dapat di list untuk keyword yang tepat dan ‘mengubah’ pengunjung website menjadi pembeli
Search engine adalah situs khusus di Internet yang dirancang untuk membantu para pengguna Internet untuk menemukan informasi yang tersimpan di halaman situs lain. Kebanyakan pengguna Internet menggunakan bantuan search engine untuk mencari berbagai macam data, informasi, artikel, dan pengetab.uan.di Internet.Program "Gophers" dan "Archie" mencatat indeks file yang tersimpan dalam server yang terhubung dengan Internet dan secara dramatis mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mencari program dan dokumen. Dari sekian banyak mesin pencari(Search Engine), yang paling populer diantaranya, yaitu.

a. Google, beralamat di www.google.com
b. Yahoo., beralamat di www.yahoo.com
c. All the web, beralamat di www.alltheweb.com
d. Excite, beralamat di www.excite.com
e. Lycos, beralamat di www.lycos.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar