Jumat, 12 November 2010

Topologi

Topologi Pada Jaringan Komputer


1. Topologi Bus atau Linear
Beberapa simpul atau node dihubungkan dengan jalur data (bus). Setiap node dapat melakukan tugas-tugas dan operasi yang berbeda namun semua mempunyai hierarki yang sama. Topologi bus menyediakan 1 saluran untuk komunikasi semua perangkat sehingga setiap perangkat harus bergantian menggunakan saluran tersebut. Karakteristik jaringan dengan topologi bus antara lain,
a. Biaya instalasi sangat murah
b. Kecepatan rata-rata transfer informasi untuk setiap perangkat sangat lambat karena harus bergantian menggunakan saluran.
c. Sulit untuk memanajemen saluran
d. Sulit untuk expand (menambah jaringan)
2. Topologi Ring atau Cincin
Topologi ring atau cincin merupakan suatu model yang dihubungkan dengan model melingkar antara server, workstation, dan komputer user yang terhubung melingkar. Pada topologi ring, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan.
3. Topologi Star
Topologi star yaitu suatu model dimana antara komputer user dan server dihubungkan melalui suatu alat (koneksi). Model ini mempunyai kemudahan untuk menambah ataupun mengurangi tanpa mengganggu kinerja komputer yang lain. Topologi ini mempunyai beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan topologi lainnya.
Kelebihan topologi star antar lain,
a. Kerusakan pada satu saluran hanya akan memengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan stasiun yang dapat terpaut.
b. Tingkat keamanan tinggi.
c. Tahan terhadap lalu lintas jaringan sibuk.
d. Penambahan dan pengurangan stasiun dapat dilakukan dengan mudah.
Selain kelebihan, topologi ini juga memiliki kekurangan yaitu jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti.
4. Topologi Tree
Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada node-7.
Keungguluan jaringan model pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. Adapun kelemahannya adalah, apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.
5. Topoloogi Plex (Jaringan Kombinasi)
Merupakan jaringan yang benar-benar interactive, dimana setiap simpul mempunyai kemampuan untuk meng-access secara langsung tidak hanya terhadap komputer, tetapi juga dengan peralatan ataupun simpul yang lain. Secara umum, jaringan ini mempunyai bentuk mirip dengan jaringan bintang. Organisasi data yang ada menggunakan de-sentralisasi, sedang untuk melakukan perawatan, digunakan fasilitas sentralisasi.
6. Point to Point
Merupakan jaringan yang benar-benar interactive, dimana setiap simpul mempunyai kemampuan untuk meng-access secara langsung tidak hanya terhadap komputer, tetapi juga dengan peralatan ataupun simpul yang lain. Secara umum, jaringan ini mempunyai bentuk mirip dengan jaringan bintang. Organisasi data yang ada menggunakan de-sentralisasi, sedang untuk melakukan perawatan, digunakan fasilitas sentralisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar