Jumat, 12 November 2010

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software, dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja secara bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
  • Membagi sumber daya, contoh: Berbagi pemakaian printer, CPU, memori, hardisk.
  • Komunikasi, contoh: Email, chatting.
  • Akses informasi, contoh: Web Browsing
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Sistem ini disebut dengan sistem client-server dan digunakan pada seluruh aplikasi komputer.
Dilihat dari luas jaringan yang dibentuk, maka jaringan komputer dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:
  1. LAN (Local Area Network)


LAN merupakan suatu jaringan lokal yang menghubungkan antar komputer secara jarak dekat yang terdapat dalam suatu lokasi, misalnya satu gedung atau satu kompleks. Dengan adanya LAN kita dapat melakukan aktivitas resource sharing (pemakaian sumber daya komputer secara bersama-sama), information sharing (pemakaian program aplikasi dan data secara bersama-sama), dan network access.
  1. MAN (Metropolitan Area Network) MAN adalah suatu jaringan berkecepatan tinggi di dalam suatu kota. Jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa LAN. Jangakauannya antara 10-50 km.  
 
3. WAN merupakan jaringan yang lebih luas, yang menghubungkan beberapa daerah dan bahkan beberapa negara


Tidak ada komentar:

Posting Komentar